Pilih Kategori

Agenda

Musprop INKINDO Jateng, 21 April 2010

Kalender

October 2019
M T W T F S S
« Jul    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Profil: BAYU ARIE WIBAWA, ST, MT, IAI

Merenungkan iklim “Persaingan tidak Sehat”


 

imageDiantara padatnya Kota Semarang bawah, ada satu keluarga kecil tinggal yang tinggal di Perumahan Semarang Indah Blok C IX /14. Kepala keluarga dari dua orang anak ini dilahirkan di Wonogiri, 22 Januari 1971. Umur 40 tahun ini dianggap dan diharapkannya sebagai paruh hidupnya sehingga dalam separuh sisanya akan dapat digunakan untuk menebus semua dosa dan kesalahan yang telah tercipta. Setelah 13 tahun menikahi istri tercintanya Sri Marheni Rahayu, SSi, dianugerahi seorang putri Audrey Tara Dianagri (“Ayya” – 12 tahun) dan seorang putra Grae Raka Amaranusa (“Acha” – 7 tahun). Baginya, keduanya merupakan “bulan” dan “matahari” yang selalu bersinar di sepanjang hari-harinya.

Lulusan S1 Arsitektur UNDIP dan sempat melanjutkan bidang Perancangan Kota di S2 Magister Teknik Arsitektur (MTA) UNDIP ini telah banyak berkiprah di bidang arsitektur maupun perancangan kota. Sertifikat keahlian di bidang arsitektur dan perencanaan kota telah sama-sama dikantonginya, sehingga profesi ganda ini selalu dijalaninya secara bersamaan. Baginya, profesi planner dan arsitek ibarat dua sisi mata uang yang terlalu kuat untuk bisa dipilahkan, memiliki keduanya menghasilkan sinergi dan daya saing yang dirasakannya secara personel.

Pribadi yang satu ini sangat jatuh cinta dengan dunia komputer dan IT. Laptop dan ACA (AutoCad Architect) dianggap sebagai aset terpenting untuk modal berprofesi. Trainer CAD dan komputer menjadi hobby tambahan yang tidak mau dia tinggalkan untuk dapat selalu mengasah diri. Di dunia maya internet, dia mengembangkan hobby-nya dalam membidani lahirnya website INKINDO Jawa Tengah (www.inkindo-jateng.web.id) dan IAI Daerah Jawa Tengah (www.iai-jateng.web.id).

Kegiatan berorganisasi dianggapnya sebagai proses pembelajaran dan komunikasi penting dalam pengembangan diri. Saat ini dia aktif di kepengurusan Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) Jawa Tengah sebagai Wakil Ketua I Bidang Hubungan Kelembagaan serta di Ikatan Ahli Perencana (IAP) di Bidang Komunikasi dan Publikasi.

Direktur PT. ARSIKEN Citratama ini sudah 17 tahun berkecimpung di jasa konsultansi, sehingga menjadikannya sedikit mencicipi rasa asam garam di dunia konsultan. Ada kejengahan dan kekhawatiran yang mendalam berkaitan dengan trend “persaingan tidaksehat” di dunia konsultan yang semakin menggurita dalam beberapa tahun terakhir. Akibatnya menjadi expert dirasakannya jauh lebih enjoy daripada harus mengelola perusahaannya.

Biaya-biaya “terselubung” yang terus membumbung atau bahkan berbagi “fifty-fifty” yang dulu dianggapnya “irrasional” sudah jamak terjadi. Pada sisi pelelangan, “subyektifitas” dalam menilai usulan teknis seringkali dimanfaatkan untuk “mengakali” rekan seprofesinya, dengan menendang jauh-jauh rasa “kejujuran”. Akankan fenomena ini terus beranak-pinak?

Bila dulu dia mengandalkan pada kualitas pekerjaan dan usulan teknis dalam memperoleh pekerjaan, maka prinsip ini dirasakannya sudah “tumpul” dan “usang” untuk dapat memenangkan peperangan. Akankah kita harus “terhanyut” dalam fenomena ini? rasanya terlalu mahal harga yang harus dibayar terhadap kemajuan dan masa depan jasa konsultasi di Jawa Tengah.

Ada sebersit harapan dalam dirinya, semoga dengan perbaikan dalam sistem pengadaan jasa konsultan (E-Proc) dapat mendorong maraknya iklim “persaingan benar-benar sehat”, menuju konsultan dan INKINDO satu yang jaya.

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>