Pilih Kategori

Agenda

Musprop INKINDO Jateng, 21 April 2010

Kalender

September 2017
M T W T F S S
« Jul    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

APBO

Logo INKINDO

MUSYAWARAH PROVINSI INKINDO JAWA TENGAH 2010

KETETAPAN
MUSYAWARAH PROVINSI INKINDO JAWA TENGAH 2010
Nomor : 07/TAP-MUSPROV/INK.JT/IV/2010

Tentang

ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA ORGANISASI ( APBO )
DPP INKINDO JAWA TENGAH
MASA BAKTI TAHUN 2010 – 2014

 

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

MUSYAWARAH PROVINSI INKINDO JAWA TENGAH 2010

Menimbang :

a. Bahwa MUSYAWARAH PROVINSI INKINDO JAWA TENGAH 2010 (Musprov) berfungsi membuat keputusan ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA ORGANISASI ( APBO ) Dewan Pengurus Provinsi INKINDO JAWA TENGAH Masa Bakti 2010 – 2014.

b. Bahwa sehubungan dengan hal itu perlu dibuat Keputusan MUSYAWARAH PROVINSI INKINDO JAWA TENGAH 2010 tentang ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA ORGANISASI ( APBO ) Dewan Pengurus Provinsi INKINDO JAWA TENGAH 2010 – 2014.

Mengingat :

Anggaran Dasar INKINDO BAB VII Pasal 35 ayat 1 butir b.

Memperhatikan :

1. Hasil Pembahasan dan Rumusan Rapat Komisi ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA ORGANISASI ( APBO ) pada MUSYAWARAH PROVINSI INKINDO JAWA TENGAH TAHUN 2010, sesuai Berita Acara No. 2/Musprov/2010.

2. Pemusyawaratan dalam MUSYAWARAH PROVINSI INKINDO JAWA TENGAH TAHUN 2010 pada tanggal 22 April 2010. Tentang pengesahan ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA ORGANISASI ( APBO ).

MEMUTUSKAN

Menetapkan :

ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA ORGANISASI ( APBO ) DPP INKINDO JAWA TENGAH MASA BAKTI 2010 – 2014.

PASAL 1

MUSYAWARAH PROVINSI INKINDO JAWA TENGAH TAHUN 2010 menyetujui dan mengesahkan ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA ORGANISASI ( APBO ) DPP INKINDO JAWA TENGAH 2010 – 2014, sesuai terlampir.

PASAL 2

 

MUSYAWARAH PROVINSI INKINDO JAWA TENGAH 2010 menugaskan Dewan Pengurus Provinsi untuk melaksanakan ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA ORGANISASI ( APBO ) Masa Bakti Tahun 2010 – 2014 sampai dengan MUSYAWARAH PROVINSI INKINDO JAWA TENGAH TAHUN 2014 berikutnya.

PASAL 3

 

Ketetapan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan ketentuan bahwa bilamana kemudian ternyata terdapat kekeliruan dalam penetapannya, akan dilakukan perubahan dan perbaikan seperlunya.

 

Ditetapkan di : Semarang

Pada Tanggal : 22 April 2010

MUSYAWARAH PROVINSI INKINDO JAWA TENGAH 2010

IKATAN NASIONAL KONSULTAN INDONESIA

JAWA TENGAH

SIDANG PLENO – 3

PIMPINAN SIDANG

 

 

Ir. Ch Slamet Kitri                  Vini Yuarinta, ST, MM.               Ir. Agus Indrijo

Ketua Sekretaris Anggota

 

Lampiran:

RENCANA

ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA ORGANISASI

( APBO )

Dalam rangka Musyawarah Provinsi INKINDO Jawa Tengah Tahun 2010, dimana salah satunya adalah menetapkan Pedoman Penyusunan rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Organisasi (APBO) Provinsi, sesuai Anggaran Dasar Bab VIII, Pasal 35 ayat 1.c adalah sebagai berikut :

A. Sumber Penerimaan

  1. Saldo kas tahun sebelumnya.
  2. Iuran Anggota
  3. Uang Pangkal
  4. Pendapatan Jasa Giro
  5. Hasil Usaha / kegiatan organisasi
  6. Sumbangan bebas

B. Pembelanjaan

Pengeluaran / biaya operasional terdiri dari :

  1. Biaya rutin / tetap organisasi
  2. Biaya kegiatan konstitusional
  3. Biaya kegiatan program
  4. Biaya lain – lain

C. Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Organisasi :

Untuk memperdiksi anggaran, maka perlu diambil beberapa asumsi, yang menjadi dasar prediksi keuangan, sebagai acuan program masa bakti mendatang. Asumsi tersebut antara lain :

  1. Jumlah anggota diprediksi, dengan acuan masa bakti periode lalu, yaitu 389 anggota (taksiran perincian Gred 2 = 338 Anggota, Gred 3 = 30 Anggota, Gred 4 = 21 Anggota )
  2. Iuran Anggota tidak ada perubahan kenaikan.
  3. Kenaikan biaya operasional 10 % – 20 % per tahun
  4. Anggota Baru tiap tahun rata-rata 10 perusahaan.

Prediksi RAPBO

Penerimaan :

1. Iuran Anggota Rp. 46.850.000,- terdiri dari :

  • Gred 2 338 Anggota = Rp. 33.800.000 ,-
  • Gred 3 30 Anggota = Rp. 6.750.000 ,-
  • Gred 4 21 Anggota = Rp. 6.300.000 ,-

Apabila diprediski realisasi 80 % diperoleh angka Rp. 37.480.000 ,-

  • Porsi DPN 30 % x Rp. 37.480.000 ,- = Rp.11.244.000 ,-
  • Porsi DPP 70 % x Rp. 37.480.000 ,- = Rp.26.236.000 ,-
  • Pemasukan 2010/2014 ( 4 tahun ) = 4 x 12 x Rp.26.236.000 ,- = Rp. 1.259.328.000 ,-

2. Uang Pangkal Anggota Baru dan Sumbangan Pemeliharaan Gedung / Pengembangan Organisasi.

Anggota baru yang sudah direkomendasikan untuk diangkat oleh DPN, diwajibkan membayar uang pangkal sebesar Rp. 5.000.000 ,- dengan porsi DPN 50 % dan Porsi DPP 50 % dan Sumbangan Pemeliharaan Gedung / Pengembangan Organisasi sebesar Rp. 5.000.000 ,- menjadi porsi DPP sebelum yang bersangkutan resmi dikukuhkan dan dilantik menjadi anggota.

  • Porsi DPP INKINDO Jawa Tengah selama 4 tahun adalah :
  • Uang Pangkal 50 % x 4 x 10 x Rp. 5.000.000 ,- = Rp. 100.000.000 ,-
  • Sumbangan Pemeliharaan Gedung / Pengembangan Organisasi 4 x 10 x Rp. 5.000.000 ,- = Rp.200.000.000 ,-

3. Hasil usaha / kegiatan organisasi

  • Diprediksi pada sektor ini sebesar Rp. 5.000.000 ,- dengan demikian selama 4 tahun hasil yang diperoleh Rp. 20.000.000 ,-

4. Sumbangan bebas

  • Pendapatan ini dari sumbangan bebas banyak pihak, antara lain dari pihak sponsor pada tiap kegiatan, dengan demikian dapat diakumulasikan dalam biaya kegiatan.
  • Total Rp. 1.579.328.000 ,-

Pengeluaran :

1. Kegiatan Rutin

Pengeluaran rutin operasional kesekretariatan dan sekretariat provinsi dalam rangka pemenuhan kewajiban organisasi dan pelayanan anggota, yang harus dikeluarkan setiap bulan :

a. Gaji = Rp. 4.750.000,- / bulan x 13                         = Rp. 61.750.000 ,-

b. Tranportasi = Rp. 1.000.000 ,- / bulan x 12            = Rp. 12.000.000 ,-

c. Rumah Tangga = Rp. 2.000.000 ,- / bulan x 12       = Rp. 24.000.000 ,-

d. Stationery = Rp .2.000.000 ,- / bulan x 12              = Rp. 24.000.000 ,-

e. Utility = Rp. 2.500.000 ,- / bulan x 12                    = Rp. 30.000.000 ,-

f. Lain – lain = Rp. 1.500.000 ,- / bulan x 12              = Rp. 18.000.000 ,-

                                                                                        ———————— +

  • Tahun 2010                                                             = Rp. 169.750.000 ,-
  • Tahun 2011                                                             = Rp. 186.725.000 ,- (dengan asumsi inflansi 10 %)
  • Tahun 2012                                                             = Rp. 205.397.500 ,-
  • Tahun 2013                                                             = Rp. 225.937.250 ,-

                                             —————————————————– +

  • Total                                                                        = Rp. 787.809.750 ,-

2. Kegiatan Konstitusional

a. Tingkat Nasional = Rp. 350.000.000 ,-

  • Munas/Munaslub/Rakernas/Rakorpimnas/
  • Lain – Lain ( Pokja, Forum, Badan-Badan)

b. Tingkat Provinsi

  • Musprov 1 kali                 = Rp. 150.000.000 ,-
  • Musprlub 1 kali                = Rp.   50.000.000 ,-
  • Rakerprov 1 kali               = Rp.   25.000.000 ,-
  • Rakor 2 kali                      = Rp.   25.000.000 ,-

                                      —————————- +

  •                                         = Rp. 600.000.000 ,-

3. Kegiatan Program Provinsi

a. Forum Anggota ( 4 kali / 4 tahun )

  •    4 kali x Rp. 25.000.000 ,-                   = Rp. 100.000.000 ,-

b. Forum Komite ( 4 kali / 4 tahun )

  •     4 kali x Rp. 5.000.000 ,-                    = Rp.   20.000.000 ,-

c. Pelatihan / Seminar ( 4 kali / 4 tahun )

  • 4 kali x Rp. 5.000.000 ,-                       = Rp.   20.000.000 ,-

d. Pembinaan Anggota ( 4 kali / 4 tahun )

  • 4 kali x Rp. 5.000.000 ,-                       = Rp.   20.000.000 ,-

e. Pengelolaan Consulting ( 2 kali terbit / tahun )

8 kali Rp. 3.000.000 ,-                                   = Rp.   24.000.000 ,-

                                                                ————————– +

                                                Total            = Rp. 184.000.000 ,-

Total Pengeluaran = Rp.1.571.809.750 ,-

 

Resultante pengeluaran dan pendapatan

  • Relative berimbang antara prediksi :
  • Pendapatan Rp. 1.579.328.000 ,- dan pengeluaran Rp. 1.571.809.750,- selama masa periode mendatang.
  • Dengan demikian, posisi berimbang mengindikasikan tidak diperlukan kenaikan iuran anggota.
  • Namun prediksi tersebut masih perlu kelenturan.

HASIL RAPAT KOMISI

  1. Melihat kondisi yang ada bahwa dengan adanya keterbatasan dana dan pemasukan materi yang kurang, maka diusulkan agar majalah Consulting diterbitkan tidak 4 kali dalam setahun.
  2. Rencana semua kegiatan diharapkan dapat melibatkan anggota dan untuk kepentingan anggota.
  3. Peningkatan sumber daya manusia dengan melakukan pelatihan ke daerah – daerah (Roadshow) tidak hanya dilakukan di Semarang saja.
  4. Di usulkan anggaran untuk korwil terkait dengan kegiatan yang berhubungan dengan DPP.
  5. Penunjukan korwil dengan mempertimbangkan kemampuan kredibilitas anggota.